Rabu, 25 November 2020

Koneksi Antar Materi dalam Rencana Inquiry Apresiatif dan Tahapan BAGJA

 Ayo ngeBlog berkarakter bersama Nengah Mudiani

Koneksi Antar Materi dalam Rencana Inquiry Apresiatif dan BAGJA

Ni Nengah Mudiani_CGP Kabupaten Karangasem, SD Negeri 1 Bugbug

Salam_Bahagia



Dalam Modul 1.3 terkait Visi Guru Penggerak akan terlihat bagaimana penjabaran materi per materi yang berkaitan dengan Inquiry Apresiatif (IA) dimana konsep ini sangat familiar dengan membangun potensi peserta didik berdasarkan kekuatan atau kodratdan potensi alami siswa.

Dalam pemahamannya Inquiry Apresiatif (IA) akan saling berkolaborasi dengan sebuah Konsep yang disebut dengan Tahapan BAGJA, dimana tahapan ini adalah sebuah proses yang mampu mendisign sebuah proses menuju perbaikan ke hal positif yang relevan dengan kondisi sekolah dan lingkungan sekitar sekolah sebagai daya dukung yang komprehensif.

Dalam penjabarannya tahapan BAGJA  disini dapat saya paparkan sebagai berikut:


v   B adalah Buat pertanyan, maksudnya sebagai peserta didik kita diharapkan mampu membuat pertanyaan atas kelemahan yang ada disekolah untuk memperbaiki dan mendaya gunakan potensi sekolah.

v   A adalah Ambil pelajaran, disini sebagai pendidik kita bisa mengambil hikmah atas semua kondisi dan keadaan, bisa menggali kelemahan dan apa saja factor pendukung atas kelemahan yang dihadapi dalam pembelajaran disekolah.

v   G adalah Gali Mimpi, pendidik disini berposisi membayangkan dan berimajinasi akan sebuah konsep yang bermura akan kemajuan dan keberhasilan akan sebuah metode pembelajaran.

v  J adalah  Jabarkan Rencana, dalam Tindakan ini pendidik akan bersinergi dengan Kepala Sekolah dan seluruh stekholder sekolah untuk sebuah perencanaan akan sebuah action yang akan diambil untuk mengatasi kelemahan tersebut.

v  A adalah Ambil Tindakan atau Eksekusi adalah sebuah Aksi Nyata atas semua tahapan yang sdh dilakukan dan akan merealisasikan sebuah aksi nyata yang nantinya dipercaya akan mampu membuat perubahan bersasis kekuatan dan potensi siswa serta sekolah dan daya dukung lingkungan sekolah yang ada. 

Dengan visi CGP yaitu untuk meningkatkan kualitas Pendidikan disekolah dengan memanfaatkan potensi dan daya dukung sekolah maka optimis perubahan tersebut akan bisa dilakukan dengan aksi nyata serta tercapainya siswa yang Merdeka Belajar selaras dengan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman dan kebahagiaan lahiriah dan batiniah peserta didik sebagai mahluk individu dan mahluk sosial di masyarakat.

1 komentar:

  1. Nice done teacherπŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...