Ayo NgeBlog berkarakter bersama Ngh Mudiani
UPACARA BENDERA YANG BERPIHAK PADA MURID DAN DINANTIKAN OLEH SELURUH WARGA SEKOLAH
UPACARA BENDERA YANG BERPIHAK PADA MURID DAN DINANTIKAN OLEH SELURUH WARGA SEKOLAH
Tugas CGP_Ni Nengah Mudiani, Angkatan 1 Kabupaten Karangasem, SD Negeri 1 Bugbug
UPACARA BENDERA YANG BERPIHAK PADA MURID DAN DINANTIKAN OLEH SELURUH WARGA SEKOLAH.
PRAKARSA PERUBAHAN |
Upacara bendera yang berpihak pada
murid dan dinantikan oleh seluruh warga sekolah |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar
tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
B-uat
pertanyaan (Define) |
1.
Bagaimanakah caranya supaya Upacara Bendera
bisa dilaksanakan tepat waktu disekolah? 2.
Strategi apa yang perlu saya ambil
untuk mendisiplinkan siswa disaat Upacara Bendera dilapangan? |
Membuat kesepakatan waktu dengan semua Ekosistem Sekolah Memberikan sangsi Edukatif kepada siswa yang melanggar kesepakatan |
A-mbil
pelajaran (Discover) |
Dengan
adanya banyak siswa yang terlambat Upacara Bendera di sekolah mencerminkan
kurangnya Sikap Nasionalisme |
Mengajak siswa untuk membuat paragraf singkat mengenang jasa pahlawan Nasional |
G-ali
mimpi (Dream) |
1.
Adanya sikap Nasionalisme yang
ditunjukan dengan sikap tertib saat upacara bendera. 2.
Meluangkan waktu sedikit datang lebih
awal saat Upacara Bendera di sekolah.
|
Menumbuh kembangkan sikap Nasionalisme secara mendalam Mengatur pekerjaan dirumah dengan pekerjaan priritas disekolah |
J-abarkan
rencana (Design) |
1.
Mengadakan komunikasi dengan Kepala
Sekolah tentang disiplin kehadiran siswa dan guru 2.
Memberikan contoh kongkrit kepada
rekan sejawat dengan kedatangan saya lebih awal dari rekan yang lain saat
Upacara Bendera 3.
Megajak rekan sejawat untuk datang lebih
awal disaat upacara bendera 4.
Menanamkan sikap Nasionalisme kepada
siswa, menghargai jasa-jasa para pahlawan yang sudah gugur dengan cara tertib
dan hikmat upacara
|
Mengadakan kolaborasi dengan Kepsek untuk membuat kesepakatan bersama yang disampaiakn dalam forum rapat sekolah Mulai dari diri sendiri saya datang lebih awal dari rekan guru yang lain sebagai contoh aksi perubahan mengajak diskusi akan pentingnya disiplin waktu akan Upacara Bendera Mengajak sisiwa menyanyikan lagu Nasional dan menceritakan perjuangan para pahlawan Nasional. |
A-tur
eksekusi (Deliver) |
1.
Memberikan masukan dan refleksi diri
kepada rekan sejawat dalam sebuah agenda Rapat Rutin disekolah terkait
disiplin waktu. 2.
Mengajak siswa menyanyikan lagu
Kepahlawanan dalam materi SBdp 3.
Mengajak siswa mengenang para pahlawan
Nasional dengan cara menggali Biografi para pahlawan tersebut. 4.
Memberikan sangsi Edukatif kepada
siswa yang sering datang terlambat Upacra Bendera.
|
Memberikan masukan positif disaat forum rapat sekolah Mengembangkan Materi SBdP dengan menyanyi lagu Nasional dikelas setiap akhir pelajaran Membuat paragraf singkat tentang Pahlawan Nasional disetiap kesempatan Sangsi menyanyikan lagu Nasioanal kepada siswa yang melanggar kesepakatan. |
Upacara biasanya |
Upacara versi baru |
Upacara yang pelaksanaanya dipimpin oleh Kepala Sekolah saja. |
Upacara yang pelaksanaanya di laksanakan oleh Guru lain sebgai Pembina Upacara |
Perangkat Upacara ditunjuk oleh Guru |
Perangkat Upacara berdasarkan keinginan siswa |
Kedisiplinan kedatangan siswa dan Guru kurang |
Guru dan siswa disiplin tepat waktu datang setelah adanya kesepakatan bersama. |
Situasi Upacara kurang tertib, siswa yang berbaris dibelakang banyak ribut. |
Situasi Upacara bendera Kondusif dan tertib. |
Josss..tetap semangat berkarya
BalasHapusterimakasih mas..
HapusMantap Bu guru👍🎉🎉🎉
BalasHapusterimakasih..
Hapusterimakasih pak..
BalasHapus