Jumat, 27 November 2020

Refleksi Tindakan Aksi Nyata Modul 1.2

Ayo ngeBlog berkarakter bersama
 Nengah Mudiani

Refleksi Tindakan Aksi Nyata Modul 1.2

PGP-1-Kabupaten Karangasem-Ni Nengah Mudiani,S.Pd-1.2-Aksi Nyata

 

Latar Belakang

Dimasa proses pembelajaran Daring seperti sekarang ini akan banyak pro dan kontra dari banyak pihak di dalam dan diluar sekolah. Dari dalam sendiri banyak pendidik yang belum menguasai tehnik IT yang tepat untuk melakukan pembelajaran online. Dari luar sekolah yaitu adanya paadigma orang tua siswa yang tidak bisa mendampingi anaknya belajar maksimal disekolah, disamping juga ekonomi keluarga yang tidak bisa mempasilitasi anak mereka dengan Smartphone, dan kalaupun mereka bisa menyediakan sarana dan prasarana Smartphone namun cara penggunaanya mereka kurang dalam berselancar dengan Internet.


Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan, Mengapa???

Dalam mensolving Latar Belakang diatas saya sendiri berupaya maksimal menggali potensi diri untuk bisa menampilkan situasi yang mana akan membuat nyaman dua arah anatara pendidik dan peserta didik dalam proses belajar dimasa PJJ.

Pertama saya mengadakan kesepakatan kelas dengan selalu tetap berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, kesepakatan yang diambil disini adalah penggunaan Metode Daring dan Luring dimasa pembelajaran PJJ.

Metode Daring disini saya menggunakan WAG sebagai plafont pembelajaran, dengan tehnik mengirimkan Materi Pembelajaran berupa PDF dan Video singkat serta sisipan link ynag bisa dibuka dengan mudah oleh siswa dirumah. Metode Luring yaitu setiap seminggu sekali siswa datang kesekolah menyetor tugas hasil belajar mereka dirumah dengan tetap memperhatikan protocol Kesehatan.

Metode Luring disini disusun dan dijalankan secara terstruktur, artinya setiap hari trjadwal kedatangan siswa kesekolah, dimulai dari hari Senin yaitu kelas 6, Selasa kelas 5 dan seterusnya. Disamping itu dalam metode Luring terebut kami para pendidik juga mengadakan Klinik Belajar disekolah dengan volume siswa maksimal 5 orang dan durasi pertemuan 30 menit.

Adapun tujuan adanya Klinik Belajar disini adalah untuk membantu siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam belajar dirumah serta membahas soal-soal dalam tugas yang mereka belum faham sehingga peserta didik merara nyaman dan belajar menyenangkan walaupun dimasa PJJ ini.


Hasil Aksi Nyata yang dilakukan

Dalam sebuah usaha akan sebuah proses tentu akan terlihat sebuah hasil dari pencapaian atas usaha tersebut, dan didalam usaha sebuah proses perubahan pembelajaran ini hasil yang saya peroleh sesuai apa yang saya harapkan, siswa dapat menerima materi yang saya berikan dalam PJJ ini lewat WAG dan Luring dengan Klinik Belajar, siswa merasa nyaman belajar dirumah tanpa hambatan

Pembelajaran yang didapat dari Pelaksanaan

Kegagalan

Dalam sebuah upaya berproses adanya bentuk kegagalan harus sudah bisa kita antisipasi dengan sebuah tehnik yang berupaya kearah perbaikan, Namun dalam hal ini bentuk kegagalan yang saya alami disini tidaklah merupakan hambatan yang berarti.

Keberhasilan

Dalam mejalankan Rancangan Aksi Nyata saya diatas nampaklah adanya keberhasilan yang bisa diukur lewat keaktifan siswa dalam menyetor tugas setiap minggu serta adanya komunikasi dua arah antara pendidik dan peserta didik dlam proses pelajar mengajar, disamping itu juga adanya peran serta orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dirumah.


Rencana Perbaikan untuk dimasa mendatang.

Dalam proses perbaikan dimasa yang akan datang tetap akan saya upayakan untuk ke hal yang lebih baik tentunya dengan metode dan tehnik yang tepat dan disukai peserta didik supaya siswa tidak jenuh dan bosan dalam berproses belajar.

Pembelajaran yang berpusat pada Alam, artinya saya kan melakukan pembelajaran yang mengambil tempat diluar kelas atau out of the Classroom, dimana pembelajaran ini pernah saya lakukan dalam Extra Kurikuler Bahasa Inggris, dan siswa sangat antusias, selain bisa merefresh pikiran mereka, siswa juga senang bisa belajar sambal bermain diluar.


Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan



Mengadakan Rapat Rutin Bulanan bersama seluruh staf dan Dewan Guru disekolah serta mengajak rekan sejawat untuk meningkatkan metode pembelajaran Daring.



Foto sembahyang siswa dirumah, bentuk pembelajaran Karakter Spiritual dan Ketuhanan.




Rapat Dewan Guru dan Staf beserta Komite Sekolah dalam 

Rencana Kegiatan Klinik Belajar di SD Negeri 1 Bugbug



 

Kegiatan Klinik Belajar di Sekolah siswa Kelas 5B SD Negeri 1 Bugbug





Dengan  Tehnik Pembelajaran Inquiry Apresiatif  serta  mengayomi siswa dengan Hati Nurani akan menciptakan Proses Pembelajaran yang menyenangkan dan tercapainya Merdeka Belajar siswa kelas 5B SD Negeri 1 Bugbug





 

2 komentar:

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...