Rabu, 16 Juni 2021

Aksi Nyata Modul 3.2

Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

PGP_1_Kabupaten Karangasem_Ni Nengah Mudiani,S.Pd_Aksi Nyata Modul 3.2

 Latar Belakang

Hallo sahabat Blogger,,pada kesempatan ini saya hadir lagi dalam tugas kegiatan Aksi Nyata di Modul 3.2 dengan tema Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yang mana disini saya mengambil aset, modal manusia yaitu Guru sebagai pendidik. Dalam kaitannya dengan Pengelolaan Sumber Daya, seorang Pemimpin Pembelajaran dalam suatu instansi pendidikan harus benar-benar melihat dari sudut pandang asset sekolah yang mana bisa dimanfaatkan, yang nantinya akan banyak membawa manfaat serta dampak positif pada siswa disekolah. Dalam kesempatan kali ini saya sebagai CGP Sekolah Dasar Negeri 1 Bugbug, melakukan Aksi Nyata  Pengelolaan Sumber Daya Manusia, yaitu Guru serta seluruh staf SD Negeri 1 Bugbug terutama didalam Meningkatkan Kompetensi Guru dimasa Pandemi melalui Workshop Google Classroom. Dalam Aksi Nyata ini saya bersama rekan CGP lain melakukan Kolaborasi aktif, yaitu bersama Bapak I Wayan Alit Wijanegara salah satu CGP SD Negeri 2 Sidemen dan Bapak Mussabihan salah satu CGP SD Negeri 2 Sinduwati. Menyadari lemahnya Kompetensi Guru-guru didalam penguasaan IT, maka dirasa perlu mengadakan Workshop ini guna meningkatkan pemahaman, serta kompetensi tenaga pendidik didalam pengajaran Daring serta mencari sumber bahan ajar yang relevan dengan materi.

1.      Peristiwa (Fact)

Sebagai langkah awal didalam kegiatan ini, saya melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah selaku Pemimpin dalam satuan pendidikan, atas seijin dan dukungan beliau serta mendapat respon positif juga dari Bapak Kakorwil kecamatan Karangasem, kegiatan ini berlangsung di Aula SD Negeri 1 Bugbug denganmelibatkan seluruh Guru dan staff SD Negeri 1 Bugbug. Adalah CGP Bapak Mussabihan dan Bapak Alit Wijanegara sebagai penyaji dalam Materi serta saya sebagai pendamping, mendampingi para Guru-guru didalam Kegiatan Praktek Google Classroom. Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh Bapak Kakorwil kecamatan Karangasem, yaitu Bapak Drs.I Ketut Panon, M.Si.

Sebagai outcome atas kegiatan tersebut guru-guru di SD Negeri 1 Bugbug mendapat berbagai ilmu dan manfaat yang begitu besar yang mana manfaat tersebut bisa mereka aplikasikan kepada murid-murid untuk pembelajaran Daring dimasa Pandemi dengan cara memanfaatkan flatform Goolee Classroom serta WA group kepada murid.

 

2.      Perasaan (Feelings)

Tentu saja didalam Kegiatan meningkatkan Kompetensi Pendidik disini ada motivasi saya yang saya pegang teguh, mampu memberikan pengimbasan atas ilmu yang saya miliki, serta bisa mengajak teman sejawat bisa lebih mampu dalam pengoperasian IT sehingga sasaran akhir akan berdampak pada murid didalam pembelajaran.

 

3.      Pembelajaran (Findings)

Hal utama yang bisa saya petik dari serangkaian kegiatan Aksi Nyata ini adalah :

Kegagalan : Tidaklah segampang berbicara dalam merealisasikan sebuah kegiatan yang mengikut sertakan banyak  orang, walaupun itu bermanfaat bagi diri mereka sendiri, namun terkadang merubah mind set orang itu sangat sulit, serta penuh adanya tantangan. Terkait hal ini kegagalan awal yang saya rasakan adalah kurangnya respon positif dari beberapa guru yang malas belajar, tidak bisa IT dengan alasan sudah tua serta alasan yang bilang diri mereka sibuk dan lain-lain. Namun tidaklah menyurutkan niat dan motivasi saya, sepanjang dukungan yang saya terima lebih besar dari jumlah guru yang tidak merspon positif atas kegiatan saya.

Keberhasilan : Ditengah kegiatan Aksi nyata saya semua guru ikut serta dengan pasilitas laptop dari sekolah. Dan hasil akhir dari kegiatan Aksi Nyata Meningkatkan Kompetensi Pendidik dimasa Pandemi sangat terasa dan berguna oleh semua guru di SD Negeri 1 Bugbug, yang mana mereka dipermudah didalam pemberian materi serta Pengajaran Daring ke siswa. Atas Kegiatan workshop tersebut saya merasa berhasil karena bisa memberikan manfaat kepada rekan sejawat yang berdampak pada pembelajaran murid.

 

4.      Perencanaan kedepan (Future)

Sebagai bentuk implementsi akan sebuah Aksi Nyata, saya berharap akan kedepannya bisa lebih baik dan semakin menyempurnakan kegiatan serta segala bentuk aktifitas saya yang nantinya bisa berdampak baik kepada murid. Dukungan segenap keluarga besar SD Negeri 1 Bugbug tetap saya  harapkan demi tercapainya Merrdeka Belajar bagi murid.

Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata




Kegiatan Workshop "Meningkatkan Kompetensi Guru dimasa Pandemi di SD Negeri 1 Bugbug, kegiatan dibuka oleh Bapak Kakorwil Kecamatan Karangasem dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bugbug, Bapak I Nyoman Nitar,S.Pd.M.Si





Seluruh peserta Pelatihan Workshop menyanyikan Lagu Indonesia Raya.


Pemateri Kegiatan Workshop Dari CGP Bapak I Wayan Alit Wijanegara,S.Pd dan Bapak Mussabihan,S.Pd, Kolaborasi anatar sesama CGP serta berbagi parktek baik dalam proses pembelajaran, strategi dan tehnik pembelajaran dimasa Pandemi.



Penutup Kegiatan Workshop, poto bersama seluruh peserta Workshop dan Kepala Sekolah.






Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata Lain sebagai Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.
Dalam Kegiatan ini saya mengadakan kegiatan English Lesson, dalam rangka mengisi liburan siswa, yanga mana sudah melakukan Koordinasi sebelumnya dengan Kepala Sekolah, serta koordinasi dengan orang tua siswa, dan siswa pun menyambut baik dan sangat antusias. Kegiatan ini diberikan kepada siswa Kelas VI yang mana nantinya akan melanjutkan kejenjang SMP sebagai bekal dasar terhadap pengenalan Bahasa Inggris di SMP


Kegiatan English Lesson dengan Materi Introduction


Kegiatan yang dilaksanakan dengan mematuhi Prokes serta menjaga jarak tempat duduk dikelas


Siswa kedepan melakukan reading serta dilanjutkan dengan memperkenal diri mereka sendiri dalam Bahasa Inggris


Siswa sedang melakukan reading sentenses dengan tema Things in teh classroom


Siswa membaca hasil kalimat yang mereka buat didepan kelas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...