Aksi Nyata Modul 3.2
Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
PGP_1_Kabupaten Karangasem_Ni Nengah Mudiani,S.Pd_Aksi Nyata Modul 3.2
Latar Belakang
Hallo sahabat Blogger,,pada kesempatan ini saya hadir lagi dalam tugas kegiatan Aksi Nyata di Modul 3.2 dengan tema Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yang mana disini saya mengambil aset, modal manusia yaitu Guru sebagai pendidik. Dalam kaitannya
dengan Pengelolaan Sumber Daya, seorang Pemimpin Pembelajaran dalam suatu
instansi pendidikan harus benar-benar melihat dari sudut pandang asset sekolah
yang mana bisa dimanfaatkan, yang nantinya akan banyak membawa manfaat serta
dampak positif pada siswa disekolah. Dalam kesempatan kali ini saya sebagai CGP
Sekolah Dasar Negeri 1 Bugbug, melakukan Aksi Nyata Pengelolaan Sumber Daya Manusia, yaitu Guru
serta seluruh staf SD Negeri 1 Bugbug terutama didalam Meningkatkan Kompetensi
Guru dimasa Pandemi melalui Workshop Google Classroom. Dalam Aksi Nyata ini
saya bersama rekan CGP lain melakukan Kolaborasi aktif, yaitu bersama Bapak I Wayan
Alit Wijanegara salah satu CGP SD Negeri 2 Sidemen dan Bapak Mussabihan salah
satu CGP SD Negeri 2 Sinduwati. Menyadari lemahnya Kompetensi Guru-guru didalam
penguasaan IT, maka dirasa perlu mengadakan Workshop ini guna meningkatkan
pemahaman, serta kompetensi tenaga pendidik didalam pengajaran Daring serta
mencari sumber bahan ajar yang relevan dengan materi.
1. Peristiwa
(Fact)
Sebagai
langkah awal didalam kegiatan ini, saya melakukan koordinasi dengan Kepala
Sekolah selaku Pemimpin dalam satuan pendidikan, atas seijin dan dukungan
beliau serta mendapat respon positif juga dari Bapak Kakorwil kecamatan
Karangasem, kegiatan ini berlangsung di Aula SD Negeri 1 Bugbug
denganmelibatkan seluruh Guru dan staff SD Negeri 1 Bugbug. Adalah CGP Bapak
Mussabihan dan Bapak Alit Wijanegara sebagai penyaji dalam Materi serta saya
sebagai pendamping, mendampingi para Guru-guru didalam Kegiatan Praktek Google
Classroom. Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh Bapak Kakorwil kecamatan
Karangasem, yaitu Bapak Drs.I Ketut Panon, M.Si.
Sebagai
outcome atas kegiatan tersebut guru-guru di SD Negeri 1 Bugbug mendapat
berbagai ilmu dan manfaat yang begitu besar yang mana manfaat tersebut bisa
mereka aplikasikan kepada murid-murid untuk pembelajaran Daring dimasa Pandemi
dengan cara memanfaatkan flatform Goolee Classroom serta WA group kepada murid.
2. Perasaan
(Feelings)
Tentu
saja didalam Kegiatan meningkatkan Kompetensi Pendidik disini ada motivasi saya
yang saya pegang teguh, mampu memberikan pengimbasan atas ilmu yang saya
miliki, serta bisa mengajak teman sejawat bisa lebih mampu dalam pengoperasian
IT sehingga sasaran akhir akan berdampak pada murid didalam pembelajaran.
3. Pembelajaran
(Findings)
Hal
utama yang bisa saya petik dari serangkaian kegiatan Aksi Nyata ini adalah :
Kegagalan : Tidaklah segampang berbicara dalam merealisasikan sebuah kegiatan
yang mengikut sertakan banyak orang,
walaupun itu bermanfaat bagi diri mereka sendiri, namun terkadang merubah mind
set orang itu sangat sulit, serta penuh adanya tantangan. Terkait hal ini
kegagalan awal yang saya rasakan adalah kurangnya respon positif dari beberapa
guru yang malas belajar, tidak bisa IT dengan alasan sudah tua serta alasan
yang bilang diri mereka sibuk dan lain-lain. Namun tidaklah menyurutkan niat
dan motivasi saya, sepanjang dukungan yang saya terima lebih besar dari jumlah
guru yang tidak merspon positif atas kegiatan saya.
Keberhasilan : Ditengah kegiatan Aksi nyata saya semua guru ikut
serta dengan pasilitas laptop dari sekolah. Dan hasil akhir dari kegiatan Aksi
Nyata Meningkatkan Kompetensi Pendidik dimasa Pandemi sangat terasa dan berguna
oleh semua guru di SD Negeri 1 Bugbug, yang mana mereka dipermudah didalam
pemberian materi serta Pengajaran Daring ke siswa. Atas Kegiatan workshop
tersebut saya merasa berhasil karena bisa memberikan manfaat kepada rekan sejawat
yang berdampak pada pembelajaran murid.
4. Perencanaan
kedepan (Future)
Sebagai
bentuk implementsi akan sebuah Aksi Nyata, saya berharap akan kedepannya bisa
lebih baik dan semakin menyempurnakan kegiatan serta segala bentuk aktifitas
saya yang nantinya bisa berdampak baik kepada murid. Dukungan segenap keluarga
besar SD Negeri 1 Bugbug tetap saya
harapkan demi tercapainya Merrdeka Belajar bagi murid.
Dokumentasi Kegiatan Aksi Nyata
Kegiatan Workshop "Meningkatkan Kompetensi Guru dimasa Pandemi di SD Negeri 1 Bugbug, kegiatan dibuka oleh Bapak Kakorwil Kecamatan Karangasem dan Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bugbug, Bapak I Nyoman Nitar,S.Pd.M.Si
Seluruh peserta Pelatihan Workshop menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Pemateri Kegiatan Workshop Dari CGP Bapak I Wayan Alit Wijanegara,S.Pd dan Bapak Mussabihan,S.Pd, Kolaborasi anatar sesama CGP serta berbagi parktek baik dalam proses pembelajaran, strategi dan tehnik pembelajaran dimasa Pandemi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar