Sabtu, 26 Juni 2021

 Aksi Nyata Modul 3.3

Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar.


Ni Nengah Mudiani,S.Pd_CGP Angkatan 1 Kabupaten Karangasem


Hallo sahabat Blogger, kembali saya hadir dalam goresan pena dengan tema Pengelolaan Program yang berdampak pada Murid, yang mana ini merupakan tagihan tugas akhir dalam Program Pendidikan Guru Penggerak di e-Learning (LMS)

Latar belakang

Sebagai Pemimpin pembelajaran sudah sepatutnya kita mengaplikasikan semua Program yang kita rancang tentunya supaya berdampak positif kepada Murid dan Lingkungan sekitar sekolah, adanya perubahan paradigma dalam hal mendidik siswa yang otoriter dan mengintervensi murid dengan menjejali tugas sehingga keadaan ini akan membuat murid kehilangan semangat belajarnya serta hilangnya rasa bahwa belajar itu merupakan suatu kebutuhan bathin bagi setiap murid.

Mengantisipasi hal itu,sebagai Pemimpin pembelajaran dikelas saya mencanangkan program Mendesign Ruang Kelas yang nyaman  Belajar, untuk murid, dengan membuat perubahan suasana belajar dikelas saya yakin akan  bisa menghilangkan kejenuhan dan menurunnya intensitas belajar murid.

Peristiwa ( Fact)

Mengawali Program yang saya rencanakan ini, saya melakukan Koordinasi langsung dengan Kepala Sekolah selaku Kasatdik Instansi, dimana beliau sangat mendukung program ini dan selanjutnya nanti diimbaskan kerekan guru lain dikelas lain sehingga program ini merupakan pemerataan yang berdampak pada murid, memberikan semangat belajar dikelas melalui Mendesign Ruang Kelas yang nyaman belajar. Dalam Mendesign Ruang Kelas serta menciptakan aura positif yang baru bagi murid dan pendidik hendaknya juga saya mempetimbangkan Management Resiko serta berusaha meminimalisir kondisi tersebut, karena dalam Program Aksi Nyata ini murid dan Guru yang berfokus melakukan kegiatan.

                                                                                                    
            Kegiatan Rapat bersama terkait Rencana Program dan Koordinasi langsung dengan Kepala Sekolah tentang teknis kegiatan Program yang berdampak pada Murid

 (Feelings)

Dalam proses membuat perubahan baru akan suasana belajar tentu memunculkan ide dan gagasan yang memuat berkesan unutk semua murid, dengan harapan nantinya akan bisa membawa perubahan suasana kelas yang nyaman untuk belajar. Rasa bahagia dan sennag tentu sudah berakar dalam diri, dibarengi dengan semangat murid-murid dalam kegiatan program maka akan menambah khasanah kebersamaan gotong royong unutk suatu tujuan yang diimpikan bersama.

Pembelajaran ( Findings)

Sebuah proses tentu ada pembelajaran didalamnya, dimana ada factor kegagalan dan keberhasilan. Kegagalan dalam Program Mendesign Ruang Kelas yang nyaman tidak saya temukan dalam hal ini, karena mendapat respond an daya dukung dari semua unsur sekolah, baik Kepala Sekolah, Guru, siswa dan orang tua siswa. Dalam keberhasilan justru memunculkan banyak hal karena secara emosional siswa sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan, dan ini sangat berhasil dan efektif dalam menciptakan motivasi dan semangat belajar murid dikelas.

Perencanaan kedepan (Future)

Selalu akan merefleksi diri untuk kelanjutan sebuah proses, terus memperbaki diri sebagai Pemimpin pembelajaran dikelas, tentunya berkolaborsi dengan rekan sejawat guru sangatlah penting, bisa saling berbagi pengalaman serta berkomitmen tetap melayani murid dengan sepenuh hati sehingga segala program disekolah akan berdampak pada murid, dan membentuk karakter murid yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Dokumentasi Proses Kegiatan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar kelas 5B SD Negeri 1 Bugbug


Kegiatan awal murid mulai menggunting kertas Manila bersama-sama

Murid menempel hasil guntingan design rumput dan bunga dari kertas Origami ditembok kelas 5B


Guru mengawasi dan mengarahkan proses kerja murid dikelas dengan mencatat proses kegiatan kedalam Jurnal Kerja.



Pemasangan hiasan rumput dan bunga oleh murid


Hari berikutnya siswa putri membuat design bunga dari kertas Origami


Hari berikutnya proses kegiatan murid menempel  Design dan membuat Pohon Merdeka Belajar



Kreatifitas siswa menciptakan Pohon Merdeka Belajar



Pohon Merdeka Belajar tercipta, hasil kreatifitas murid kelas 5B SD Negeri 1 Bugbug


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...