Rancangan
Tindakan untuk Aksi Nyata di Sekolah
Judul Modul : Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar
Dewantara
Nama Peserta : Ni Nengah Mudiani, S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 DARING
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 1 Bugbug
Kelas / Semester : V /1
Tema : Organ Gerak Hewan
dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak pada
Manusia (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi
waktu
: 1
Hari
A. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat
menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap
paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah
paragraf secara runut.
- Dengan menonton video di share melalui WA Grup, siswa dapat menyebutkan
pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
·
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui WAG (Orientasi) ·
Sebelum memulai pembelajaran guru menanakan
PHBS yang telah dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ·
Membuat kaitan dengan materi sebelumnya
dengan materi yang akan dipelajari berdasarkan pengalaman peserta didik (Apersepsi) |
15 menit |
Inti |
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran ·
Pada awal pembelajaran, guru share video di melalui WA Grup tentang ide pokok tiap paragraf ·
Kemudian Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia. ·
selesai membaca, siswa mencari dan menentukan
ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. . A.
Ayo
Menulis ·
Pada kegiatan : Ayo Menulis, secara
mandiri mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya 4.
Salam dan do’a
penutup |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Teknik
Penilaian:
1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung
jawab, disiplin
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Siswa
mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku
siswa.
3.
Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
a) Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
b) Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
Mengetahui Kasatdik
SD Negeri 1 Bugbug I Nyoman
Nitar, S.Pd, M.Si NIP:
19641230 198904 1 002 |
|
Bugbug, 28Oktober 2020 Wali Kelas V Ni Nengah Mudiani, S.Pd NIP: - |
Josss Bu guru 🎉
BalasHapusterimakasih mas,,
BalasHapus