Ayo NgeBlog Berkarakter
Aksi Nyata Modul 1.4 Penerapan Budaya Positif melalui Kesepakatan Kelas di Kelas VB SD N 1 Bugbug
1.
Latar Belakang
Dalam
masa pembelajaran PJJ sekarang ini sangatlah penting bagi pendidik dalam
menerapkan akan sebuah aturan yang akan mampu mengikat dan menumbuh kembangkan karakter
siswa di dalam berproses pada sebuah pembelajaran. Melihat akan adanya
penurunan karakter dan ahlak siswa dikarenakan lepas dari pemantauan guru
disekolah serta adanya perasaan bebas oleh diri siswa karena tidak bertemu guru
disekolah. Dengan bermacam ide yang dituangkan siswa utnutk membuat sebuah kebiasaan
positif yang akan mengarah pada sebuah Kesepakatan Kelas yang akan dijadikan
aturan yang akan membatasi hal negative dari siswa sehingga tercipta suasana
belajar yang kondusif.
2.
Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan
Dengan
menyumbangkan ide dari semua siswa saya membuat Kesepakatan Kelas yang
disepakati bersama oleh siswa serta orang tua siswa demi terciptanya suasana
aman dan nyaman belajar. Adapun proses dari Kesepakatan Kelas yang saya buat bersama
siswa adalah sebagai berikut:
a. Disekolah
saya menggunakan metode pembelajaran Daring dan Luring, dimana pada
pembelajaran Daring saya memberikan materi pembelajaran melalui WAG dan Zoom
Meeting.
b. Pada
metode Luring, saya Bersama siswa melakukan kesepakatan bertemu disekolah
selama 1 jam untuk mengumpulkan tugas, karena tidak semua siswa memiliki
Android, dengan selalu mematuhi protocol Kesehatan (memakai masker, mencuci
tangan dengan sabun, serta menjaga jarak duduk siswa dikelas)
c. Dalam
kesempatan Luring inilah saya memaparkan ide untuk membuat sebuah Kesepakatan
Kelas itu, dan siswa sangat antusias satu per satu siswa menulis akan ide
mereka kedepan kelas.
d. Kemudian
saya evaluasi lagi dari beberapa ide yang sama saya satukan untuk menjadi
cakupan yang lebih simple.
3.
Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan
Dari
Kesepakatan Kelas yang saya buat bersama siswa beberapa sudah mampu siswa
jalankan, misalnya setiap hari selasa siswa Luring ke sekolah, mereka selalu
membersihkan kelas terlebih dahulu, mereka bisa bekerja mandiri, mampu
menghormati teman sebaya dikelas serta menghargai orang yang sedang berbicara.
4.
Pembelajaran yang didapat
a. Kegagalan
Dalam hal menyeragamkan kebiasaan yang
nantinya akan menjadi sebuah Budaya Positif tidaklah mungkin bisa secara
instant dilakukan, masih perlu waktu dan kesabaran untuk terus menanamkan
karakter kepada siswa dengan cara terus bersinergi dengan orang tua siswa
dirumah, karena waktu penuh siswa ada bersama orang tua mereka dirumah.
b. Keberhasilan
Dengan adanya pengambilan keputusan bersama
oleh siswa serta dijalankan dan ditaati bersama maka Kesepakatan Kelas yang
telah kami buat bisa dikatakan berhasil dijalankan karena masih berproses pada
sebuah pencapaian hasil yang maksimal.
5.
Rencana perbaikan dimasa mendatang
Dengan
melihat hasil yang sudah dicapai pada kebiasaan yang disepakati sehingga
menjadi sebuah Kesepakatan Kelas, saya berusaha akan memperbaiki kondisi dan
kegiatan proses belajar dan lebih bersinergi lagi bersama seluruh steak holder
ekosistem disekolah, misalnya dalam hal budaya antre, karena seperti yang saya
lihat siswa itu terkadang sulit untuk mengajari kesabaran mereka dalam
melakukan sebuah antrean dimanapun.
6.
Dokumentasi proses dari pelaksanaan
Pada kegiatan Luring siswa kesekolah menyetorkan tugas dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan di cek oleh petugas sekolah, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menggunakan Hand sanitizer dan di cek suhu tubuh siswa.
Siswa dikelas menyampaikan ide nya terkait kesepakatan kelas yang akan dibuat, siswa menuliskan satu per satu dipapan tulis aturan yang mereka inginkan dan disepakati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar