Rabu, 03 Maret 2021

Ayo NgeBlog berkarakter

Demonstrasi Kontektual Pembelajaran Sosial-Emosional

Ni Nengah Mudiani,S.Pd CGP SD Negeri 1 Bugbug, Kab. Karangasem.

Salam_Bahagia
Kembali penulis berkarya dalam blog sederhana ini dalam Modul 2.2.a.7 Demonstrasi Kontektual Pembelajaran Sosial Emosional. Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial-Emosional dikelas tidak hanya akan berpotensi menghasilkan pencapaian Akademik yang lebih baik, namun juga memberikan pondasi yang kuat bagi siswa untuk dapat suskses dalam berbagai are kehidupan mereka diluar akademik.Dalam penjabarannya ruang lingkup Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional siswa meliputi: 
  1. Kegiatan rutin : kegiatan yang dilakukan diluar waktu belajar akademik sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing, misalnya ekstrakurikuler, perayaan hari besar, kegiatan sekolah, apel pagi,kerja bakti,senam bersama, kunjungan perpustakaan, membaca bersama, seminar/ pelatihan.
  2. Terintegrasi dalam pembelajaran: sebagai strategi pembelajaran atau diintegrasikan dalam Kurikulum.
  3. Protokol : Budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk merespon situasi atau kejadian tertentu.
Dalam kesempatan ini penulis akan paparkan kaitannya dengan RPP yang akan saya buat dan kaitannya dengan Pembelajaran Sosial Emosional, dimana RPP tersebut akan relevan dengan kegiatan rutinitas siswa, terintegrasi dalam pembelajaran serta adanya protokol/ kebiasaan positif oleh siswa.

Relevansi Pembelajaran Sosial Emosional ada dalam RPP yang saya susun berdasarkan jenjang sekolah dan mata pelajaran terapan yang saya ampu disekolah, pada link dibawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1l0iRgT6pb9U18ylGweKvqNaNzk0TS_ge/view?usp=sharing

Sudah tentu sangat belum sempurna, mohon saran dan bimbingannya pak Ngakan, sukseme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...