Selasa, 06 April 2021

Modul 3.1.a.7 Demontrasi Kontekstual- Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Jurnal Monolog Refleksi




Ni Nengah Mudiani,S.Pd-CGP SD Negeri 1 Bugbug,-Angkatan 1

-Kabupaten Karangasem-Bali

Hallo sahabat Blogger..kali ini penulis hadir lagi dalam Modul 3.1.a.7 yaitu pada Demonstrasi Kontekstual tentang Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Dalam Materi ini saya akan memaparkan tentang Jurnal Monolog, merefleksi diri sendiri didalam mengambil suatu keputusan yang mana kaitannya dengan kegiatan Pendidikan disekolah, dan adapun beberapa pertanyaan pemandu saya didalam mengupas dan merefleksikan diri dalam Jurnal Monolog, diantaranya yaitu:

  • Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di Program Guru Penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
  • Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
  • Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
  • Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

    Mari kita kupas satu persatu pertanyaan pemandu diatas supaya jelas nantinya akan mencerminkan Jurnal Monolog dalam merefleksikan diri sendiri terhadap keputusan yang diambil.

  • Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di Program Guru Penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
    Saya akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang sudah saya dapatkan di Program Guru Penggerak ini disekolah tentunya saya akan mengawali dulu dengan cara mensosialisasikan dulu dengan Kepala Sekolah, selaku pimpinan Satuan Pendidikan, setelah itu saya akan mencoba berkolaborasi dengan teman sejawat yang terdekat dulu, mengadakan pendekatan mengajak teman yang sehati, serta lanjut ke Komunitas Sekolah, semua rekan guru dan pegawai, menjelaskan apa-apa ilmu yang saya dapatkan selama ini dalam pendidikan.


    • Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
    Langkah awal yang akan saya ambil didalam mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah  menjunjung nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang mendasari pemikiran didalam pengambilan suatu keputusan, yang mana keputusan yang saya ambil demi kebaikan orang banyak, bersikap netral atau tidak memihak disalah satunya serta keputusan yang saya ambil sudah melalui pengujian berdasarkan 9 langkah dalam Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan


    • Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
    Saya akan mulai menerapkan langkah tersebut hari ini, karena akan lebih baik bagi saya menerapkan ilmu yang saya  dapatkan  sesegera mungkin dalam pendidikan ini. 




    • Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

      Yang akan menjadi pendamping saya dalam menjalankan pengambilan keputusan adalah rekan guru yang kebetulan akan menjadi Calon Guru Penggerak di Angkatan 4, yaitu Ibu Nengah Kertiasih, saya akan mengadakan diskusi dan kolaborasi untuk menentukan langkah-langkah yang saya ambil supaya tepat dan efektif berdasarkan Prinsip dan 9 Langkah  Pengujian Pengambilan Keputusan 

      Keputusan yang diambil dengan Logis, masuk akal, serta memenuhi hukum Logika maka akan mencapai hasil yang bisa menyenangkan semua pihak, tanpa merasa dirugikan salah satunya.

      Demikian pemaparan dan ulasan singkat saya terkait dengan Jurnal Monolog didalam Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran disekolah.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...