Kamis, 27 Mei 2021

PERENCANAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID DENGAN MENDESIGN RUANG KELAS YANG MENYENANGKAN DENGAN ALUR TAHAPAN BAGJA

 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3

PERENCANAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID DENGAN MENDESIGN RUANG KELAS YANG MENYENANGKAN DENGAN ALUR TAHAPAN BAGJA

Ni Nengah Mudiani,S.Pd CGP Angkatan 1 Kabupaten Karangasem_Bali



Menjalankan perubahan positif di sekolah tidaklah mudah, karena suatu perubahan perlu adanya kerjasama oleh semua pihak, dan upaya yang konsisten dari pihak sekolah dengan memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah, untuk terus melakukan inovasi dan terbuka terhadap kenyataan yang sedang dihadapi pada masa kini dan datang.

Mengelola perubahan positif di sekolah membutuhkan sebuah manajemen perubahan, pada modul kali ini, calon guru penggerak memilih materi “Pengelolaan program yang berdampak pada Murid dengan mendesign ruang kelas yang  menyenangkan dengan Tahapan BAGJA”, yaitu pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan, inkuiri apresiatif mengutamakan psikologi positif dan pendidikan positif, dimana setiap murid memiliki inti positif yang dapat memberikan konstribusi pada keberhasilan sebuah organisasi dalam melakukan perencanaan perubahan, dengan menerapkan tahapan inkuiri apresiatif (IA) yang disebut BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pembelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi).

Adapun tahapan yang saya rancang adalah sebagai berikut:

 Buat Pertanyaan:

v  Bagaimana cara meningkatkan kenyamanan belajar murid di kelas?

v  Bagaimana keterlibatan Komunitas Sekolah dalam mendesign ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan?

Ambil Pelajaran:

Kenyamanan belajar merupakan factor penting dalam pembelajaran.Ruang kelas yang nyaman membuat murid betah dan termotivasi serta semangat dalam belajar.

 

Gali Mimpi:

Ø  Guru memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran dikelas

Ø  Guru harus bersikap terbuka atas saran dari Orang Tua siswa maupun murid itu sendiri untuk menciptakan ruang kelas yang nyaman dalam belajar.

 

Jabarkan Rencana:

v  Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah

v  Rapat dengan Dewan Guru

v  Sosialisasi dengan murid

v  Meminta keterlibatan semua warga sekolah untuk mensukseskan program

 

Atur Eksekusi:

ü  Kepala Sekolah dan Dewan Guru melaksanakan rapat untuk membahas program

ü  Persiapkan alat dan bahan

ü  Guru dan murid membuat dekorasi atau menata ruang kelas secara bersama dengan gembira

ü  Evaluasi program dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat

 Dalan tahapan perencanaan program diatas saya mengambil limit waktu 1 bulan bersama siswa , rekan guru, kepala sekolah serta masukan dan dukungan dari orang tua sehingga perencanaan program berjalan dengan baik serta memberikan dampak positif bagi pembelajaran murid dikelas yang menyenangkan dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid dengan Mendesign Ruang Kelas yang nyaman untuk Belajar. Ni Nengah Mudian...